Apa yang ada dalam benak anda jika mendengar kata pemasaran politik atau marketing politik? Baik saya akan menjelaskan dengan lebih rinci, apa itu pemasaran polik atau marketing politik.
Secara sederhana marketing politik berarti aplikasi kegiatan didalam ruang politik yang umumnya terkonsentrasi pada saat Pemilu atau pilkada. jika melihat definisi sederhana in, maka sesungguhnya dalam praktiknya pelaksaan markting politik buka lah hal yang baru. Termasuk Indonesia.
Pada saat ini pemilu iklan paling terbanyak. Datanya pun telah terkumpul kurang lebih 405 pemilihan umum terjadi di Indonesia, antara pemilihan walikota, pemilu, gubernur dan lain-lain. Ada 4 proses marketing politik:
- Melakukan riset khalayak/ pemilihan
- Mengembagkan strategi pemasaran politik
- Menetapkan program pemasaran politik
- Evaluasi dan perbaikan model pemasaran politik
Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan kegiatan melalui proses pertukaran. pemasaran polik kegiatan yang mengandung. Ada beberapa ciri dari politik:
- Siapa memperoleh apa,kapan, bagaimana
- Kekuasaan dan pemegang kekuasaan
- Pembagian nilai-nilai oleh yang ber wenang
Tidak mudah menjalankan politik dalam koridor kebebasan komunikasi. Demokrasi informasi ber tumpu kepada partisipasi masyarakat untuk menerima atau menolak pesan politik.
Pemaparan hasil riset khalayak:
- hasil dipaparanrkan harus orisinil, natural dan bebas nilai
- Secara internal sebagai pemasaran poitik parpol
- Namun untuk kepentingan iklan politik, bisa saja dikemas, dari aspek yang menguntungkan parpol
Menetapkan program pemasaran politik:
- Program pemasaran politik harus jelas sasarannya
- Berdasarkan riset politik, program pemasaran diharapkan. lebih down to earth
Catatan:
Semakin tinggi diplomasi-semakin kecil tingkat pemaksaan. Pesan itu harus kreatif, siple dan mudah di ingat. Pesan itu harus efektif dan efisien. Saya senang belajar tentang polik dan ini sudah saya pelajari di semester2.
- Melakukan riset khalayak/ pemilihan
- Mengembagkan strategi pemasaran politik
- Menetapkan program pemasaran politik
- Evaluasi dan perbaikan model pemasaran politik
Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan kegiatan melalui proses pertukaran. pemasaran polik kegiatan yang mengandung. Ada beberapa ciri dari politik:
- Siapa memperoleh apa,kapan, bagaimana
- Kekuasaan dan pemegang kekuasaan
- Pembagian nilai-nilai oleh yang ber wenang
Tidak mudah menjalankan politik dalam koridor kebebasan komunikasi. Demokrasi informasi ber tumpu kepada partisipasi masyarakat untuk menerima atau menolak pesan politik.
Pemaparan hasil riset khalayak:
- hasil dipaparanrkan harus orisinil, natural dan bebas nilai
- Secara internal sebagai pemasaran poitik parpol
- Namun untuk kepentingan iklan politik, bisa saja dikemas, dari aspek yang menguntungkan parpol
Menetapkan program pemasaran politik:
- Program pemasaran politik harus jelas sasarannya
- Berdasarkan riset politik, program pemasaran diharapkan. lebih down to earth
Catatan:
Semakin tinggi diplomasi-semakin kecil tingkat pemaksaan. Pesan itu harus kreatif, siple dan mudah di ingat. Pesan itu harus efektif dan efisien. Saya senang belajar tentang polik dan ini sudah saya pelajari di semester2.
No comments:
Post a Comment