Jika saya bertanya kepada anda, apa itu arti kekerasa simbolik? Apa anda tau? Atau anda memahaminya? Saya juga akan menjelaskan sedikit mengenai iklan yang sebelumnya sudah saya jelaskan.
Kekerasan simbolik. Menurut sumber yang saya baca Bourdieu Theory of symbolic power, merupakan tindakan kekerasan yang tak terlihat atau kekerasan secara struktural dan kultural dalam beberapa kasus dapat pula merupakan fenomena dalam penciptaan stigmatisasi.
Iklan, dapat diartikan sebagai berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak / orang ramai tentang benda atau jasa yang ditawarkan. Atau Iklan dapat pula diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak / orang ramai mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa, seperti surat kabar / koran, majalah dan media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Dari pengertian iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mendorong atau membujuk pembaca iklan agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan.
Iklan dan kekerasan simbolik
iklan dan kekerasan simbolik sering terjadi dalam dunia iklan. Pada umumnya iklan yang ditampilkan belum tentu semuanya benar, karena semua produk-produk yang diiklankan saling berlomba untuk menarik perhatian dari khalayak. Jika iklan yang ditampilkan jelek atau tidak baik dan tidak menampilkan model-model yang cantik pula, maka bisa di pastikan produk yang diiklankan tidak laku di pasaran. Misalnya, dalam produk pemutih badan atau lotion menggunakan seorang model yang tinggi, putih dan langsing, khalayak yang melihat iklan ini pun pasti akan tertarik menggunakan produk lotion pemutih itu, karena yang ia lihat jika ia menggunaka produk itu ia akan secantik dan seputih model yang ada di iklan tersebut. Dan sebaliknya jika iklan lotion prmutih itu menggunakan seorang model yang hitam dan berkulit kusam, khalayak yang melihat iklan tersebut pun akan berpikir untuk membeli produk itu.
Catatan:
Kekerasan simbolik yang itu memang sering terjadi di hampir semua iklan yang saya tonton. Jika kita ingin membeli sebuah produk yang diiklankan, sebaik nya harus berpikir berkali-kali dari manfaat produk tersebut. Saya sangat tertarik mempelajari kekerasan simbolik.
No comments:
Post a Comment